Air merupakan sumber kehidupan bagi kita. Air digunakan untuk aktifitas sehari-hari seperti masak, minum, mandi, dan sebagainya. Akan tetapi, kondisi saat ini menunjukkan bahwa banyak sumber air yang tercemar karena sampah atau limbah sehingga air menjadi kotor.

Menjaga kebersihan air adalah sebuah kewajiban. Menjaga kebersihan air sama saja dengan menjaga diri dari berbagai penyakit. Namun, kesadaran untuk menjaga kebersihan air sepertinya belum terealisasikan dengan baik. Sebab masih banyak orang yang mencemari air, baik secara sadar maupun tidak sadar. Misalnya, limbah rumah rumah tangga atau industri-industri yang dibuang ke sungai atau sumber air lainnya sehingga menyebabkan air menjadi keruh dan bau. Tentu saja hal ini bisa mengganggu aktivitas yang membutuhkan air bersih.

Membiarkan air tercemar adalah salah satu sikap yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. Membiarkan sumber air kotor berarti membiarkan berkembanganya berbagai sumber penyakit. Jika hal ini tidak diabaikan, maka akan mengurangi kapasitas air bersih.

Banyak tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar air tetap bersih dan sehat. Kita bisa mulai dengan hal-hal sederhana, seperti tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sumber air. Menjaga kebersihan air bisa juga dilakukan dengan memberi jarak yang cukup antara sumber air dengan tempat pembuangan sampah, atau menanam pohon di sekitar sumber air.  

Oleh karena itu, mari kita jaga air tetap bersih jika ingin sehat dan lingkungan nyaman. Dengan air bersih,  hidup menjadi lebih baik. Ayo bijak dalam bertindak dengan menjaga kebersihan air.

Ekstrakulikuler Jurnalistik
Penulis: Adisty Shifa Azzahra (8A)

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *