Sabtu (29/1) pagi, suasana kampus tiga SMPIT Ar-Rahmah begitu ramai oleh barisan siswa dan siswi berseragam coklat khas pramuka lengkap dengan atributnya masing-masing. Siswa dan siswi yang berjumlah kurang lebih 250 orang tersebut merupakan peserta dari kegiatan Hiking yang dipandu oleh panitia BASCAR (Barisan Scout Ar-Rahmah) dari kelas 9 beserta para pembina dari bapak/ibu guru di Gugus Depan 01.04.143 – 01.04.144 Pangkalan SMPIT Ar Rahmah Pacitan.

Kegiatan yang merupakan bentuk dari Lomba Tingkat 1 ini dilatarbelakangi oleh terpilihnya SMPIT Ar Rahmah sebagai salah satu sekolah/pangkalan yang mewakili Kwarran (Kwartir Ranting) Kecamatan Pacitan dalam Lomba Tingkat 3 dari regu putri. Peserta kegiatan yang merupakan penggalang ramu, rakit, dan terap dari siswa/siswi kelas 7 dan 8 ini tidak hanya mengikuti kegiatan Hiking semata, akan tetapi ada penilaian juga seleksi yang dilakukan didalamnya. Penilaian dan seleksi ini berupa pengujian terhadap pengetahuan kepramukaan, keagamaan, baris berbaris dan sebagainya.

Sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh ketua Kwartir Ranting Pacitan pada pembukaan kegiatan. Dalam pidato sambutannya, beliau mengemukakan bahwa peserta aktif dan juara terbaik akan mengikuti Lomba Tingkat 2 mewakili Gugus Depan SMPIT dan akan bersaing dengan penggalang se-Kwarran pacitan. Beliau juga menerangkan alasan mengapa SMPIT dipilih sebagai sekolah/pangkalan yang akan mewakili Kwarran Kecamatan Pacitan dalam Lomba Tingkat 3: “Pada masa pandemi, pramuka SMPIT Ar Rahmah tetap aktif dalam kegiatan kepramukaan, sehingga SMPIT ditunjuk oleh Kwarran untuk maju mewakili Kecamatan Pacitan mengikuti gugus unggul yg salah satunya terdapat kegiatan Lomba Tingkat”.

foto: kegiatan Hiking

Rute pemberangkatan dimulai dari kampus 3 SMPIT Ar-Rahmah, bangunsari, sidoarjo, dan  titik akhir nya berada pada GOR Pacitan. Di sepanjang jalur terdapat beberapa pos yang harus peserta lewati dimana masing-masing pos akan memberikan tugas, ujian, atau rintangan sebagai syarat peserta bisa meneruskan perjalanan ke pos selanjutnya.

Kegiatan kemudian berakhir pada pukul 16.00 setelah game dan di tutup dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh pembina Gugus Depan, Pak Marjuki, S.Pd. sebelum menutup kegiatan, beliau mengatakan kepada para peserta bahwa: “kegiatan Hiking ini dilaksanakan salah satunya adalah sebagai bentuk pemanasan setelah beberapa waktu lalu kita semua berkegiatan dari rumah akibat pembelajaran daring sehingga harapannya bisa melatih mental dan fisik serta keterampilan kepramukaan adik-adik penggalang lebih meningkat”. (SHK)

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *