Latihan dasar kepemipinan siswa atau LDKS adalah sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa/siswi peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar – dasar sebuah organisasi. Pada hari Jum’at – Sabtu lalu (30-31/07/2021), OSIS SMPIT Ar Rahmah Pacitan menyelenggarakan kegiatan LDKS guna mendidik dan melatih adik-adik kelas 8 dalam hal kepemimpinan, entah dalam memimpin diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan LDKS 1 tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini diselenggarakan secara virtual dari rumah masing masing. Teknis Kegiatan LDKS 1 dimulai dengan mengisi Registrasi. Registrasi ini dilakukan dengan mengisi google form yang disediakan oleh panitia. Pengisian mulai dilakukan pukul 08.00-08.30. Kemudian acara dilanjutkan dengan Apel pembukaan yang dilaksanakan via zoom meeting. Semua peserta menyaksikan video apel pembukaan yang ditayangkan oleh kakak panitia. Waktu apel pembukaan dilaksanakan pukul 08.30-10.45.Setelah apel pembukaan selesai, semua peserta dan panitia melakukan Ishoma yang dilakukan secara mandiri dari rumah masing masing.

Kegiatan berikutnya dimulai pukul 13.00 – 14.45 yaitu berupa materi public speaking yang disampaikan langsung oleh Kak Harnum Saktia Ramadhani selaku Wakil Ketua OSIS 2021/2022.. Selepas materi pertama selesai, dilanjut untuk Ishoma dan Bersih Diri secara mandiri. Pada pukul 17.15 – 17.30 , semua panitia maupun peserta membaca Al-ma’tsurat sore secara bersamaan yang dilaksanakan bersama kelompok dan PJ kelompok masing-masing via zoom meeting. Setelah itu, semua peserta dan panitia Ishoma secara mandiri lagi dan dilanjutkan mengisi presensi Sore yang sudah diberikan oleh kakak-kakak panitia.

Kegiatan LDKS Malam harinya adalah pemberian materi yang ke-2 yaitu tentang kepemimpinan yang diisi oleh Kak Rahma, alumni SMPIT Ar-Rahmah. Materi selesai disampaikan, kemudian peserta LDKS 1 ditugaskan untuk mencatat /merangkum apa yang disampaikan oleh Kak Rahma. Dan dilanjutkan mengerjakan Quiz tentang materi tersebut . Untuk kegiatan malam dilaksanakan pukul 19.45-21.30. Setelah kegiatan malam hari selesai, Peserta dan Panitia waktunya untuk istirahat dan tidur malam.

LDKS hari ke-2 pun dilaksanakan pada hari Sabtu pagi yang dimulai dengan Sholat tahajjud yang dilaksanakan secara mandiri oleh seluruh peserta dan panitia. Peserta dilanjutkan dengan mengisi mutabaah yang telah disediakan oleh panitia. Pukul 03.30 – 04.15 terdapat serangkaian acara Muhasabah Diri dengan diputarkannya short movie yang bertemakan orang tua. Kemudian peserta diberi tugas untuk menyimpulkan isi dari ceritanya kemudian dikirimkan ke PJ masing-masing via WhatsApp. Kemudian peserta diarahkan untuk sholat Shubuh dilaksanakan secara mandiri yang dilanjutkan dengan kegiatan Al-Ma’tsurat Pagi yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan teman kelompok dan PJ kelompok masing-masing melalui via zoom meeting.

Kegiatan selanjutnya adalah Games yang diadakan oleh panitia berkonsep games ‘’ ICE BREAKING ’’. Ice Breaking ini berisi tebak- tebakan berupa gambar dan rangkaian kata. Untuk pemain games diambil perwakilan 3 orang dari masing – masing kelompok. Pelaksanaan games ini melalui via zoom meeting dari pukul 08.00-14.30. Kegiatan terakhir adalah penutupan dan pengumuman kejuaraan games. Kegiatan LDKS 1 ini ditutup oleh Kak Ayyas Fathi Islam selaku Ketua OSIS SMPIT Ar-Rahmah Pacitan 2021/2022. Yang dilaksanakan melalui via zoom meeting pukul 15.30 – 16.30.

Dari serangkaian kegiatan LDKS yang dilaksanakan selama dua hari ini, kami berharap adik-adik peserta dapat memahami dan mengamalkan ilmu kepemimpinan dasar, sehingga dapat memeberikan manfaat yang besar untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat luas saat ini maupun kelak ketika adik-adik telah tumbuh dewasa. Aamiin.

Penulis : Labibah (OSIS SMPIT Ar Rahmah Pacitan Th. 2021/2022)

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *