Bulan Suci Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an, dimana pada bulan ini, Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu (Al Qur’an) kepada Rasulullah SAW. Sehingga pada bulan ini, para ulama berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Jibril itu (saling) belajar Al-Qur’an dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap tahun sekali (khatam). Ketika di tahun beliau akan meninggal dunia dua kali khatam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa pula beriktikaf setiap tahunnya selama sepuluh hari. Namun di tahun saat beliau akan meninggal dunia, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari.” (HR. Al-Bukhari No. 4998). Dari hadist tersebut dapat kita teladani kebiasaan Rasulullah ketika bulan Ramadhan untuk memperbanyak amalan kebaikan di bulan suci Ramadhan yang salah satunya adalah dengan memperbanyak khatam Al Qur’an.


Untuk meneladani sikap Rasulullah, pada bulan Ramadhan 1442 H ini, Tim Tahfidz SMPIT Ar Rahmah Pacitan membuat program Ramah Tamah (Ramadhan Berkah Bareng Tahfidz Ar Rahmah). Program ini bertujuan untuk meningkatkan semangat Tilawah ananda selama Ramadhan di rumah. Program ini diikuti oleh siswa-siswi smpit ar rahmah kelompok Takhasus (kelompok kusus). Teknisnya ananda menyiapkan surat dan ayat yang akan di murojaah dari rumah, selanjutnya ananda mengirimkan video murojaah ke team Editor diantaranya guru smpit dan ARCT (Ar Rahmah Creatife Team), video yang sudah siap kemudian di publish di beberapa Sosial media SMPIT ar Rahmah dan di share di beberapa group kelas, menemani sahur mereka.


Harapan dari adanya program ini ananda yang terpilih mengisi Ramah Tamah mampu menyalurkan semangat tilawah maupun menghafal al quran kepada teman-teman lainnya. Selain itu juga sebagai ajang untuk mensyiarkan ke seluruh lapisan masyarakat bahwa Ramadhan bukan hanya bulan berpuasa namun juga bulannya Al quran. Semoga dengan adanya program ini dapat menambah semangat kawan-kawan untuk terus beramal baik di bukan Ramdhan. Dan harapan paling besar dari Team Tahfidz adalan keistiqomahan untuk terus membaca dan mentadaburi Al Quran meski ramadhan telah berakhir dengan cover acara yang berbeda. Allahummarhamna bil qur’an. Allahumma aamiin.

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *