foto: pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba

Setiap bulan Rajab kaum Muslimin memperingati peristiwa perjalanan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang merupakan tonggak sejarah bagi proses penyempurnaan risalah yang Beliau terima. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini peringatan Isra Mi’raj dikemas oleh Tim Tahfidz SMPIT Ar Rahmah berupa kompetisi cabang-cabang lomba islami yang sasaran pesertanya ialah siswa dan siswi SD/MI sederajat.

Terhitung ada lima cabang lomba yang diadakan yaitu Tahfidz, Tartil, Adzan, Kaligrafi dan Da’i. Dengan semangat mengembangkan potensi islami anak-anak Indonesia, rangkaian lomba yang pendaftarannya hanya berlangsung selama seminggu terhitung dari tanggal 25 Februari hingga 3 Maret ini berhasil menyerap kurang lebih 95 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Gresik, Tegal, Sukoharjo, hingga Aceh.

Perlombaan dengan sistem daring dari rumah ini mewajibkan seluruh peserta untuk mengirimkan karyanya berupa video dan foto yang kemudian akan diseleksi oleh tim dewan juri dari SMPIT Ar Rahmah. Adapun jenis video yang peserta harus kirimkan ialah membaca QS. Al-Muthafiffin untuk cabang lomba tahfidz dan tartil, adzan berdurasi dua menit untuk cabang lomba adzan, kultum selama lima menit dengan tema “Isra’ Mi’raj” untuk cabang lomba Da’i. Sementara itu untuk cabang lomba kaligrafi peserta diharuskan untuk mengirim foto karya kaligrafinya dengan lafadz “bismillahirrahmanirrahiim”.

Penjurian karya-karya yang telah dikirimkan oleh peserta berlangsung selama dua hari yang kemudian disusul oleh pengumuman pemenang pada tanggal 12 Maret untuk cabang lomba kaligrafi dan adzan, lalu tanggal 13 Maret untuk cabang lomba tahfidz dan tartil. Adapun para pemenang lomba dapat disaksikan pada video berikut ini:

Video: pengumuman pemenang lomba da’i
video: pengumuman pemenang lomba kaligrafi
video: pengumuman pemenang lomba adzan
video: pengumuman pemenang lomba tahfidz dan tartil

Dengan perlombaan yang telah diadakan ini, SMPIT Ar Rahmah berharap momen Isra Mi’raj dapat menjadi momen dimana para generasi penerus islam berani untuk menunjukan bakat juga karyanya. Semoga kita semua juga dapat mengambil ibroh dan pelajaran berharga di momen Isra Mi’raj kali ini. aamiin. (SHK)

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *