Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kompetisi Sains Nasional jenjang SMP ini diselenggarakan oleh PUSPRESNAS (Pusat Prestasi Nasional) yang dilaksanakan secara seretak pada tanggal  14-16 Oktober 2020 lalu melalui daring/online dengan aplikasi KSN berbasis android. Pada ketentuannya, setiap sekolah mendelegasikan 3 (tiga) peserta untuk mewakili Kompetisi Sains Nasional tingkat SMP Kabupaten Pacitan di bidang IPA, Matematika dan IPS.

Pada kesempatan ini, SMPIT Ar Rahmah Pacitan mengirimkan 3 (tiga) srikandi hebat yang berhasil mengharumkan nama sekolah, yaitu Andrianita Putri P. sebagai perwakilan peserta kompetisi bidang IPA, Nadhifa Jasmine Azizah sebagai perwakilan kompetisi bidang IPS dan Irma Nurul Izza sebagai perwakilan kompetisi bidang matematika. Menurut keterangan peserta, bentuk soal yang diujikan pada kompetisi ini merupakan bentuk soal essay dan pilihan ganda yang mencakup study kasus dan materi keilmuan secara detail.

“Pada saaat kompetisi ini berlangsung, karena baru perdana dilaksanakan secara online, yang saya rasakan ya agak grogi dan takut. Dan pada saat mengerjakan soal, ternyata soal yang diujikan lebih sulit daripada yang saya pelajari”, ungkap Nadhifa Jasmine, salah satu perwakilan KSN Tingkat SMP Kabupaten Pacitan. Walau begitu, berkat bimbingan ustadz/ustadzah tercinta, ketiga perwakilan dari SMPIT Ar Rahmah Pacitan dapat mengerjakan berbagai soal dengan lancar. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih ketiga siswa tersebut pada kompetisi ini. Nadhifa Jasmine Azizah berhasil meraih peringkat pertama kompetisi bidang IPS, Andrianita Putri P. meraih peringkat keempat pada kompetisi bidang IPA dan Irma Nurul Izza berhasil meraih peringkat ke-tiga belas pada kompetisi bidang matematika.

Kami ucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh Ananda Jasmine, Ananda Tita dan Ananda Irma. Kalian semua hebat. Semua usaha dan doa telah terbayarkan. Tak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bimbingan dan motivasi dari ustad dan ustadzah beserta orang tua/ wali, sehingga ananda dapat mencapai prestasi yang memuaskan. Dengan ini, semoga semakin banyak generasi penerus yang berprestasi yang akan mengharumkan nama SMPIT Ar Rahmah Pacitan. Aamiin. (Ak)

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *