Ditulis oleh Jurnalis Ar Rahmah Creative Team (ARCT)

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 yang jatuh pada tanggal 12 November tahun 2020 ini merupakan momentum yang mengingatkan kita untuk mewujudkan Indonesia yang sehat. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis 10 November 2020, terdata sebanyak 448.118 ribu jiwa di seluruh Indonesia terkena covid-19. Provinsi dengan jumlah pasien covid-19 tertinggi adalah Jawa Timur dan DKI Jakarta, sedangkan Indonesia berada di urutan ke-22 negara yang terjangkit wabah virus corona. Pemerintah terus berusaha mengupayakan pencengahan pada penularan covid-19 yang terus melonjak setiap harinya.

Namun ditengah pandemi Virus Covid-19 ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Sejak awal April 2020, pemerintah sudah menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker dimanapun. Kebijakan tersebut telah sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam mencegah penyebaran virus corona. Namun dapat kita temui di beberapa tempat umum, banyak sekali masyarakat yang lalai akan pentingnya penggunaan masker tersebut.

Masker yang direkomendasikan oleh pemerintah adalah masker kain. Hal ini merupakan siasat pemerintah untuk menjaga kelangkaan masker surgical yang sempat begitu sulit didapatkan dikarenakan tingginya peminat. Masker surgical hanya khusus ditujukan untuk tenaga medis.

Pencegahan penularan virus corona tersbut dapat kita mulai dari diri kita sendiri. Tentu saja, dengan saling mengingatkan sesama manusia, kita dapat mengurangi adanya peningkatan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif corona. Berikut beberapa upaya dan cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi wabah Virus Covid-19 :
1. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
2. Menggunakan masker kain yang sesuai dengan standar kesehatan agar tidak tertular covid-19.
3. Menjaga jarak minimal 1 meter dan tidak melakukan kontak langsung, seperti bersalaman.
4. Segera letakkan barang-barang diluar setelah berpergian dan semprotkan disenfektan agar tidak ada virus yang menempel.
5. Segera mandi sehabis keluar rumah.
6. Apabila merasakan adanya gejala covid-19 segera melakukan isolasi mandiri dan melakukan konsultasi kepada dokter.

Pesan yang dapat kita sampaikan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini adalah bahwasannya kita sebagai masyarakat Indonesia, sudah sewajarnya untuk terus berupaya menjaga kesehatan. Bangsa yang sehat akan membawa kualitas bangsa yang tinggi. Jangan kendor, kita bisa mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Mari berjuang menyehatkan bangsa dan negeri ini. Satukan tekad menuju Indonesia sehat!!

(Sumber : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020)

Jurnalis Ar Rahmah Creative Team (ARCT)
Penulis : Nur Farahim
Ilustrator : Adellia Larasati Maharani Putri

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *