Pembelajaran semester ganjil TA 2020/2021 di SMPIT Ar Rahmah Pacitan yang telah berlangsung sejak tanggal 13 Juli 2020 tetap berlangsung di tengah wabah covid 19 di Indonesia. Siswa dan siswi telah belajar di rumah masing-masing sejak 17 Juli 2020 dalam rangka memutus penyebaran covid 19. Kini SMPIT Ar Rahmah Pacitan sedang melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa yang biasanya dilakukan dalam bentuk tertulis, lisan, praktek, maupun pembuatan tugas atau produk. Penilaian Tengah Semester (PTS) di SMPIT Ar Rahmah Pacitan telah berlangsung hampir satu pekan, yang dimulai pada hari Senin (28/09/2020) dan akan berakhir pada hari ini, Sabtu (03/10/2020). Jika tahun sebelumnya PTS dilaksanakan secara tertulis dan siswa mengerjakannya di sekolah, tahun ini PTS dilakukan #dirumahaja secara online melalui google form maupun Microsoft form, mengingat masih mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Mekanisme pelaksanaan PTS daring #dirumahaja ini adalah setiap guru mapel mengirimkan link google form/microsoft form kepada wali kelas. Kemudian tugas wali kelas adalah membagikan link kepada siswa melalui wa grup sesuai waktu yang telah dijadwalkan. Siswa tidak akan bisa mengerjakan soal sebelum waktunya atau melebihi waktu yang telah ditentukan oleh guru mapel, sehingga kedisiplinan siswa dalam mengerjakan PTS tetap terjaga walaupun guru tidak dapat memantau secara langsung. Walaupun telah dirancang dan dipersiapkan dengan baik, namun masih terdapat beberapa kendala yang terjadi ditengah PTS online #dirumahaja ini. Terdapat beberapa siswa yang mengeluhkan tidak dapat membuka link atau tidak dapat mengirimkannya dikarenakan sinyal data atau wifi yang tidak stabil. Hal ini dapat diatasi dengan PTS susulan yang dilakukan diluar jadwal mapel yang lain.

Kita semua berdoa semoga covid segera berlalu agar KBM dapat dilaksanakan dengan maksimal seperti dulu secara luring. Aamiin (Ak)

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *