Surat Cinta Wisuda Daring

Tiap tahun selalu ada cerita, begitupun tentang ‘wisuda’. Wisuda di tengah suasana yang berbeda, kali ini ustad dan ustadzah sebagai tim kreatif wisuda harus bekerja diluar kebiasannya, tepatnya dituntut luar biasa! Sejak jauh-jauh hari sebelum hari ini, ustad dan ustadzah harus membuat konsep wisuda dalam kemasan yang lain, kemasan yang berbeda. Tapi isi tetap sama, tidak mengurangi makna yang ada.

Bagaimana kami ini tidak bingung? Tuntutan diluar dari biasanya, ustad dan ustadzah harus memindahkah semua yang ada dalam sebuah ruang yang berbeda dari biasanya. Dimensi ruang yang tampak dari arah mana saja, di mana saja dan oleh siapa saja. Tentu dengan piranti sederhana yang mereka punya. Itulah tema wisuda yang sedang viral di masa sekarang. Wisuda dalam jaringan (daring)

Tapi ustad dan ustadzah tidak kehabisan akal untuk membuatnya. Nyatanya uborampe disiapkan tepat pada waktunya. Dan hari ini, sukses pula acara yang digelarnya. Wisuda daring perdana yang luar biasa.

Salah satu pesan yang disampaiakn oleh Bu Lilik Nur Hamidah selaku Kepala Sekolah SMPIT Ar-Rahmah Pacitan adalah, “Jangan bersedih anak-anakku, Ustad dan Ustadzah mu tetap akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak kelas IX. Kita dipisahkan oleh pandemi corona, tapi Insyaallah kita tetap disatukan oleh teknologi.”

Tampak senyum ceria ananda, juga tangis haru ayah bunda dibalik layar kaca. Rasa haru dan bahagia memenuhi ruang-ruang wisuda. Menyentuh hati orang tua yang setia melihat prosesi virtualnya. Setiap tahun wisuda selalu menjadi moment yang tak terpisahkan. Sebagai tanda berakhirnya proses pembelajaran. Sebagai perayaan selesainya sebuah perjuangan, tetap terkenang meski masa sudah berbeda.

Dari pandemi kita sama-sama belajar, bahwa bahagia pun tak berlebihan. Karena dengan yang sederhana pun sungguh ada rasa bahagia. Semoga menjadi tiga tahun yang bermakna ya anak-anakku. Dimana akan selalu mengalir manfaat dan keberkahannya. Satu lagi, tidak ada kata berhenti untuk belajar dan berjuang. Semua proses tetap berjalan. Cerita suksesmu pun akan terus menemui lanjutannya.

Semangat Ananda! Semoga bekalmu cukup untuk melangkah lebih jauh dan tinggi lagi. Selamat datang di dunia putih abu-abu, dunia yang lebih luas. Dunia yang menuntutmu makin dewasa dan bijaksana. Semoga kian tekun, sukses, taat pada orang tua dan agama
Aamiin….

Teruntuk Ananda,
Salam hangat dari gurumu yang dulu pernah bersama. (Ts)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

One thought on “Surat Cinta Wisuda Daring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada pertanyaan? kirim pesan ke Ust. Sugeng

Follow me
× How can I help you?