Seiring dengan perkembangan zaman, permainan tradisional memiliki saingannya sendiri, permainan modern. Dan seiring dengan perkembangan zaman pula, permainan tradisional perlahan tak dilirik lagi oleh remaja.  Sejumlah pihak diketahui melakukan upaya mengenalkan kembali permainan tradisional kepada masyarakat dalam berbagai jenis kegiatan, termasuk SMP-IT Ar Rahmah Pacitan.

Pada momentum classmeeting kali ini, OSIS kembali memasukkan perlombaan tradisional dalam salah satu agendanya. Gobak sodor, ya jenis permainan satu ini tentu pernah terkenal dan menjadi salah satu permainan yang sangat digemari oleh anak-anak pada eranya dulu. Namun, nyatanya perkembangan teknologi, gadget dan media sosial semakin menggusurnya. Hal itu terbukti dengan banyak anak yang tidak tahu tentang gobak sodor. Oleh karena itu OSIS berupaya memperkenalkan kembali tentang permaianan tradisional ‘gobak sodor’. Dan luar biasa ternyata anak-anak tidak hanya tertarik , tapi juga enggan untuk mengaskhiri permainan. Ekspresi bahagia mereka terpancar dari wajah mereka yang berusaha melepas kepenatan dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester beberapa hari yang lalu.

selain untuk hiburan anak-anak pasca UAS, kegfiatan ini juga diharapkan menjadi media untuk melestarikan permainan tradisional. Kami yakin permainan tradional justru akan mengajari anak-anak tentang nilai-nilai yang baik, yaitu perkawanan, kerjasama, jujur dan lain sebagainya. (Ts)

One Thought on “Siswa SMP-IT Ar Rahmah Pacitan Melestarikan Permainan Tradisional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *